Jenis – jenis maskoki


- Mutiara
Penggemar ikan hias sering menjuluki maskoki mutiara ini dengan pearl scale dengan alasan lebih universal. Tubuhnya agak bulat seperti bola tenis dan bermotif bintik – bintik seperti mutiara (pearl). Warnanya bervariasi dari putih kemerahan hingga kuning keemasan, umumnya merupakan paduan dari dua warna atau lebih.
Maskoki ini terbagi atas dua tipe;
1. maskoki berjambul, biasa disebut mutiara berjambul.
2. maskoki tidak berjambul, disebut maskoki bola pingpong.

- Kaliko
Bertubuh bundar dan memiliki kepala relatif kecil dengan mulut sedikit runcing. Sirip ekor dan punggunggnya cukup panjang. Ciri khas yang sangat digemari kombinasi warna pada tubuhnya yang terdiri atas hitam,putih, kuning emas dan merah.

- Lion Head
Tubuhnya agak gemuk, pendek dan sedikit bungkuk. Sirip dada, perut dan ekor relatif pendek dan memiliki jambul berwarna orange di puncak kepala sehingga ia tampak seperti singa (lion).  Ada juga jenis yang dikenal dengan nama lion head slayer. Warna tubuhnya serupa dengan lion head, kuning agak keemasan, tetapi dengan sirip ekor yang sedikit lebih panjang.

- Rancu
Sepintas maskoki ini mempunyai tubuh yang mirip dengan lion head. Perbedaannya adalah permukaan tubuhnya yang sedikit lengkung dan jambul yang jauh lebih luas mencapai pipinya.

- Sukiyu
Disebut juga pompon. Bentuk tubuhnya mirip dengan lion head. Ciri utama yang membedakannya dengan yang lain adanya jaringan seperti lumut di hidung sehingga menyerupai kumis.

- Spencer
Di luar negeri dikenal dengan nama oranda. Bentuk tubuhnya mirip dengan lion head. Bahkan para pengusaha dan penggemar ikan hias menganggap lion head merupakan perkembangan dari jenis spencer ini.
Jambulnya berwarna orange sampai merah, sedang tubuhnya kuning keemasan. Ciri lainnya adalah sirip pada punggung, dada dan ekor yang relatif panjang dibandingkan dengan lion head.

- Tosa
Tubuhnya agak bundar dengan sirip punggung, dada dan perut serta ekor yang relatif panjang. Jika tumbuh dengan baik, sirip ekornya dapat melebihi panjang tubuhnya. Pada saat berenang, ekor yang panjang ini bergerak – gerak karena mengikuti gerakan arus air sehingga di luar negeri dijuluki veil tail (ekor rumbai).

- Buble Eye
Bentuk dan warna tubuhnya mirip dengan lion head, tetapi memiliki perbedaan, yaitu berupa gelembung udara seperti balonyang terdapat pada bagian bawah matanya.

- Red Head
Disebut juga resket. Bentuk tubuhnya mirip dengan lion head dengan tubuhberwarna putihdan jambul yang merah. Jambul ini tidak sebanyak yang dimiliki lion head.

- Teleskop
Bentuk tubuhnya mirip dengan kaliko, hanya saja kedua matanya agak menonjol keluar bagai sebuang teropong atau teleskop. Tubuhnya ada yang berwarna hitam pekat atau terdiri atas paduan warna berbagai jenis warna yang indah.

- Black Moor
Bentuk tubuhnya merupakan gabunga dari tosa dan red head. Bentuk kepalanya mirip dengan tosa sedang matanya agak membengkok (menonjol kluar) seperti red head. Seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat.

- Celestial
Bentuk tubuhnya mirip dengan lion head. Perbedaannya mata maskoki ini selalu mengarah keatas seperti pada jenis buble eye. Keunikannya maskoki ini tidak mempunyai sirip punggung.
– Ekor Kipas
Disebut juga fan tail. Bentuk tubuh dan warnanya mirip dengan kokitosa. Perbedaannya sirip punggung dan ekor yang lebih pendek.

- Tosakin
Bentuk dan warna tubuhnya mirip dengan koki tosa, namun ekornya meriah seperti ekor burung merak.

- Bulldog
Raut wajah maskoki ini mengingatkan kita pada anjing jenis bulldog. Ciri – cirinya adalah matanya belang seperti maskoki teleskop, sementara tubuh dan siripnya menyerupai spencer.

About these ads


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.