Proses Pemijahan Ikan Cupang


Umumnya ikan cupang termasuk kelompok ikan yang membuat gelembung udara pada saat ingin kawin. Untuk itu diperlukan tanaman air agar ikan cupang dapat menempelkan gelembung udaranya. Tanaman ini dapat berupa tanaman air yang berdaun lebar seperti eceng gondok (Eihornia crassipes) dan kiambang (Pistia stratiotes).  Setelah itu ikan cupang dapat dimasukkan ke dalam bak pemijahan. Bila memang sudah siap kawin, cupang adujantan agar segera menempelkan gelembung udara ke daun. Ikan cupang betina dapat dimasukkan apabila gelembung udara sudah cukup banyak. Ikan cupang jantan yang sedang mencari pasangan akan segera menghampiri betina. Lalu ikan cupang betina akan diajak untuk mendekati gelembung udara, dipeluk sehingga keduanya menempel dan tak bergerak. Beberapa saat kemudian, telur keluar dari tubuh ikan cupang betina dan segera dibuahi oleh induk jantan. Telur – telur tersebut ditangkap oleh mulut cupang adu jantan, lalu ditempelkan di gelembung udara.Penempelan dilakukan dengan cara menyemburkan telur tersebut dari mulutnya.
Setelah telur disemburkan, induk jantan akan mendekati kembali induk betina untuk kawin lagi. Proses ini dilakukan berkali – kali sekitar 3 – 4 jam. Perkawinan akan selesai jika induk betina sudah tidak mengeluarkan telur – telur atau induk jantan sudah mengusir betinanya. Inilah waktu yang oaling tepat untuk mengangkat induk ikan cupang betina. Bila tidak segera di angkat, induk jantan akan terus menyerang dan melukai induk betina.
Induk ikan cupang betina yang baru dikawinkan di istirahatkan di tempat atau bak terpisah. Induk ikan cupang betina siap dikawinkan kembali setelah beristirahat selama 2 – 3 minggu. Pada saat induk ikan cupangbetina beristirahat, induk cupang adu jantan akan menjaga telur – telur hingga menetas.  Umumnya telur akan menetas stelah 3 hari.

Saat baru menetas, larva cupang adu membawa kuning telur sebagai cadangan makanan sebelum sanggup memakan pakan yang diberikan. SEbaiknya sat ini tidak memberikan pakan untuk larva cupang, karena makan tersebut akan membusuk dan dapat mempengaruhi kesehatan cupang. Pada awal kehidupannya, larva cupang sering jatuh kedasar kolam karena belum pandai berenang. Larva tersebut akan oleh induk jantan, kemudian disemburkan ke gelembung udara. Induk jantan dapat dipindahkan jika gelembung udara telah habis. Pada 3 – 4 pertama, larva cupang diberi pakan infusoria, lalu kutu air.
Populasi larva dibuat padat agar ukuran tubuhnya saat dewasa tetap kontet atau kerdil meskipun umurnya sudah tua. Dengan demikian, penampilannya tetap tampak muda, padahal sisik dan giginya sudah sekuat cupang tua. Ini adalah trik yang sengaja dilakukan agar cupang tua (umur 8 bulan) dapat diadu dengan cupang umur 6 -7 bulan.
About these ads

20 Komentar on “Proses Pemijahan Ikan Cupang”

  1. hadi mengatakan:

    jadi bila ikan cupang jantan telah mengejar2 sang betina dan kadang menggitnya berarti proses perkawinan sudah selesai ya.?

    • dhians mengatakan:

      sebelum berlangsungnya perkawinan, ikan cupang jantan mengejar ngejar sang betina. begitu juga setelah selesai perkawinan cupang jantan juga mengejar betinanya. yang perlu diperhatikan apakah cupang betinanya sudah bertelur. hal tsb dapat dilihat jika di buih (gelembung udara) yang dibuat sang jantan terdapat telur.

    • leandro mengatakan:

      Mas aku mau tanya :

      Berapa hari biar ikan jantan dan ikan betina bisa kawin

  2. ramdan mengatakan:

    apa dalam waktu 3-4 minggu si betina udah siap lagi bertelur paska kawin

    • dhians mengatakan:

      yang saya lakukan bisa, pisahkan ikan betina yang telah selesai kawin. jangan lupa beri makan agar kandungan telur di perutnya bertambah lagi.
      yang harus diperhatikan:
      – jaga kesehatan cupang betina agar dapat di kawinkan lagi
      – coba kawinkan induk betina dengan pejantan yang lain atau kawinkan induk jantan dengan betina yang lain.
      Hal ini berguna untuk mengetahui anakan mana yang lebih bagus, perkawinan dengan jantan yang pertama atau jantan yang kedua atau sebaliknya.

  3. Huda mengatakan:

    Gan ane mau nanya nih ya :)
    saya kan sekarang lagi mengembakbiakkan nih ..
    saya itu Bingung , kan di intruksi , ada tulisannya kalo mau mengembangbiakkan ikan cupang suruh ngasih daun kan ya ?
    tapi saya bingung entar gmna cara mngetahui kalo ikan betina itu selesai bertelur apa belumnya ?
    sedangkan telurnya tertutup sama daunnya ???

    tolong kasih pnjelasannya ya gan :) Thank’s sebelumya ….

    • dhians mengatakan:

      Tanaman air berupa kiambang atau eceng gondok itu nantinya digunakan induk jantan untuk meletakkan buih (gelembung udara).
      setelah terjadi perkawinan/pembuahan, telur telur yang keluar dari induk betina akan diambil induk jantan dengan mulutnya dan disemburkan/diletakkan pada buih (gelembung udara) yang melekat pada tanaman kiambang (eceng gondok). untuk melihat telurnya tanaman air boleh digeser sedikit. tak apa…. karena apabila telur2 ikan terpisah dari tanaman air, induk jantan akan segera mengutipnya dan meletakkan telur tersebut di gelembung air yang ada pada tanaman air.
      untuk pemula memang sedikit membingungkan…
      tapi perhatikan baik2, pasti ada perbedaan antara buih dengan telur ikan.
      Biasanya ciri ikan betina yang sudah bertelur tidak akan berani mendekat lagi kearah induk jantan. karena induk jantan menjaga telur2 itu agar tidak diganggu induk betina.
      Saran saya
      ” Sharing…. lebih baik kunjungi breeder (penangkar) cupang di daerah kamu. Dengan langsung melihat bagaimana cara memijahkan pasti gak bingung lagi yg PASTI akan menambah ilmu kamu.
      MOGA BERHASIL…. DHIANS 0852 7706 1150

  4. naldi mengatakan:

    Gan apakah indix betina juga bisa membuat gelembung buih nh?

    • dhians mengatakan:

      bs. ttapi cuma dikit n gak ada kegunaannya..
      gak sperti induk jantan yg membuat glmbung buih yang banyak n brfungsi untuk meletakkan telur hsil prkwnnnya dgn induk betina…..

  5. Oswald Bryan mengatakan:

    Saya denger info. Info 1) Cupang sawah itu ganas. Dan saya mau ngawinin sama Serit Merah.
    Apa Cpg Sawah terdengar sgt ganas. Kalo sgt ganas bisa gak dikawinin sama Cpg biasa. Saya ngeri kalo CPG Sawah itu ganas. apa kalo dikawinin, betina bisa abis di hantam CpgSawah ? Atau tetep hidup tapi SiripCacat, kalo SiripCacat gpp lah. Yg penting anakannya bagus

    • dhians mengatakan:

      perlu diketahui
      – cupang sawah termasuk cupang untuk aduan (pastinya ganas).
      – cupang serit/halfmon termasuk cupang untuk kontes.
      – cupang giant juga termasuk cupang untuk kontes.
      cupang sawah disilang dengan cupang serit????
      apa jadinya..????
      jangan…….

  6. rifqy mengatakan:

    gan kalau cupang jantannya nyerang terus cupang betina saat kawin harusnya di apain

    • dhians mengatakan:

      awalnya memang begitu, tapi biasanya esok hari ikan resebur kawin dan bertelur. kalau esoknya belum bertelur, berarti harus dicari pasangan yang baru

  7. Sarah Amelia Sarah mengatakan:

    Gan , Kalo Cupang Saya Pada Saat Mau Di Kawinkan Belum Ada Gelembung Nya !! Nah Maka Dari Itu Saya Langsung Kawinkan , Berapa Jam Kemudian Pas Saya Tengok Udah Banyak Banged Gelembung Nya ? Yang Jadi Pertanyaan Saya , Cupang Betina Di Kejar Kejar Mulu Ama Si Jantan Sampe Di Sontok Gan Ama Jantan Nya ,? Nah Itu Gimana Tuh ?? Owh Iyha , Kalo Cupang Bagan Ama Serit Di Jodohin Bisa Ngga Gan ?

    • dhians mengatakan:

      emang bgitu prosesnya, ntar juga pasti kawin, hehehe. lo dalam waktu 2 hari gak mau kawin sebaiknya induk betina segera diganti.
      cupang bagan bisa aja dijodohi dengan cupang serit ato dengan cupang jenis lainnya. tapi lebih baik jodohi cupang sesama jenis,
      misal cupang serit ya jodohnya cupang serit, cupang bagan ama cupang bagan ato ama cupang medan. karena perkawinan yang sejenis dapat menghasilkan anakan yang lebih bagus.

  8. ervan apriawan mengatakan:

    gan mengapa telur cupang yang ada dibusa bisa jatuh ya??? padahal banyak itu telurnya, sayang bgt mati semua telurnya

    • dhians mengatakan:

      ini menandakan bahwa cupang jantan tidak pandai menjaga telur ataupun anak2nya.
      saran saya cupang jantan anda pensiun menjadi indukan,segera cari pengganti induk cupang jantannya.

  9. eex mengatakan:

    gan mau nanya nih,ikan cupang saya udah kawin,tapi perut ikan cupang betinanya masih buncit, apakah perkawinannya belum selesai?

    • dhians mengatakan:

      ikan sudah selesai kawin bukan dilihat dari perutnya yang masih buncit.
      Yang perlu diperhatikan:
      1. apakah memang ikan betina sudah bertelur?
      kalu betina sudah selesai bertelur, maka ikan jantan akan segera mengusir ikan betina.
      2. jika setelah bertelur ikan betina tidak diangkat,biasanya dalam waktu 3-4 hari kemudian ikan jantan dan ikan bertina biasanya akan kawin lagi.
      tetapi halini membuat sang jantan terlalu sibuk mengurusi anak2nya. lagian dari pengalaman saya hasilnya malah semakin sedikit,
      usahakan setelah terjadi perkawinan yangpertama (no 1) segera angkat ikan betina, rawat…. 2 minggu kemudian bisadikawinkan lagi.
      yang paling penting seringmencobadan cari informasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.