Maskoki


Akhir – akhir ini prospek pemasaran ikan hias memperlihatkatkan perkembangan yang cukup cerah. Kondisi tersebut menimbulkan kegairahan di kalangan petani ikan untuk membudidayakan ikan hias. Usaha budidaya ikan hias dianggap lebih menguntungkan dibandingkan budidaya ikan konsumsi. Hal ini disebabkan karena budidaya ikan hias tidak memerlukan biaya maupun lahan yang terlalu besar, siklus produksinya relatif singkat dan harga jualnya cukup tinggi. Dengan demikian sangat cocok usaha budidaya secara intensif maupun usaha sambilan.

Bisnis ikan hias mampu membeerikan jaminan keuntungan yang lebih tinggi bagi petani pengelolanya. Selain harganya yang cukup tinggi, siklus pemijahannya relatif pendek (1 – 1,5 bulan) sehingga dalam waktu 1 tahun dapat dilakukan 8 – 10 kali pemijahan untuk sepasang induk ikan.

Melalui jenis, warna, ukuran dan bentuk tubuhnya, ikan hias ini memegang peranan penting untuk menambah kesegaran, keindahandan kesejukan lingkunga. Memelihara ikan hias menurut anggapan masyarakat sangat baik bagi kesehatan. Sebahagian penggemar ikan hias percaya bahwa bentuk, warna, sifat dan gerak – gerik tubuh ikan hias ketika berenang di kolam atau di akuarium yang dekorasinya ditata dengan apik dapat menentramkan hati, menyembuhkan tekanan darah tinggi maupun stress (tekanan jiwa) yang disebabkan berbagai hal atau masalah dalam kehidupan sehari -hari.

Dengan melihat kenyataan bahwa ikan maskoki (lebih dikenal dengan nama maskoki saja) banyak digemari masyarakat. DEngan demikian pembudidayaan maskoki akan memberikan prospek yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s