Menata akuarium


Pada umumnya maskoki dipelihara di akuarium tanpa dekorasi, hal ini karna:
– Maskoki punya kebiasaan buruk mengaduj – aduk dasar akuarium, sehingga akuarium yang telah ditata dengan apik menjadi porak – poranda.
– Kotoran maskoki yang relatif panjang mudah mengotori air, harus sering dibersihkan.
– Kebiasaan makan tanaman, terutama yang berdaun lunak, mengakibatkan tanaman hias di akuarium menjadi gundul.
– Adanya dekorasi menghalangi pandangan untuk melihat keindahan maskoki.

Menata dasar akuarium
Bagian dasar akuarium ditebari pasir kasar yang telah dicuci bersih minimal 3 cm. Dengan pasir inilah dapat dibuat gundukan yang menyerupai bukit kecil atau bidang datar untuk menambah keindahan. Diatas permukaan pasir ditebarkan pula kerikil atau koralteks. Selain untuk menambah keindahan, kerikil atau koralteks berfungsi untuk menopang tegaknya tanamanhias di akuarium.

Menata tanaman
Tanaman yang digunakan hendaknya tanaman air berdaun keras atau terbuat dari plastik. Tanaman air berdaun panjang seperti Ballisneria sp dan sagittaria sp cukup aman digunakan. Demikian pula dengan tanaman air berdaun pendek seperti: Crypocorine sp atau Echinodorus sp.
Selain tanaman air, batang dan ranting yang sudah dikeringkan juga dapat digunakan sebagai hiasan akuarium agar terlihat lebih indah. Penataan tanaman air, batang atau ranting kering atau  hiasan lainnya dilakukan sebelum pemasangan kerikil atau koralteks. Maskoki harus diberikan ruang gerak yang luas agar keindahannya dapat terlihat. Oleh karena itu penataan akuarium harus dipusatkan pada bagian tengah atau belakang.

Peralatan penunjang
Beberapa peralatan pemunjang yang sering dipergunakan antara lain: filter, aerator, lampu neon ultra violet, heater, termometer, dan tempat makanan.
Filter adalah alat untuk menyaring kotoran yang ada di air sehingga air dapat dipergunakan lebih lama tanpa harus sering menggantinya.
Aerator (pompa udara) adalah alat yang untuk menambah oksigen ke dalam air. Gelembung udara yang dikeluarkan aerator selain untuk meningkatkan kandungan oksigen juga berfungsi untuk menggerakkkan berbagai ornamen, seperti kincir, pagoda atau yang lainnya.
Lampu neon ultra violet berfungsi sebagai pengganti sinar matahari dan membantu proses foto sintesis.
Heater adalah alat yang berfungsi untuk menjaga temperatur air agar suhu air selalu konstan pada suhu yang diharapkan. Untuk membantu kerja heater, akuarium sebaiknya dilengkapi dengan sebuah termometer. Jika suhu air menurun, heater dapat dihidupkan agar suhu/temperatur air kembali seperti semula.
Tempat makanan adalah tindakan tepat untuk melokalisasi makanan sehingga tidak mencemari air.
Setelah penataan selesai, akuarium diisi air hingga mencapai ketinggian 80% dari tinggi akuarium dan dibiarkan selama 24 jam. Sehari kemudian, maskoki dapat dimasukkan ke dalam akuarium, tapi sebelumnya teteskan aquadin untuk mencegah pertumbuhan lumut di kaca. Jumlah maskoki yang dimasukkan jangan terlalau banyak agar tidak berdesak – desakan.
Untuk akuarium ukuran 120 x 60 x 60 cm dapat dihuni 15 ekor maskoki. Sebaiknya maskoki yang dipelihara dalam akuarium diberi pakan berupa cacing, kutu air, ulat hongkong atau makanan hidup lainnya. Pemberian pakan berupa pelet akan membuat keruh air.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s