Mengultur ulat hongkong


Menurut para pedagang dan penggemar ikan hias, ulat hongkong selain sebagai makanan berprotein tinggi juga berfungsi untuk mempercepat munculnya warna -warna pada tubuh ikan hias.

Adapun bahan dan tahapan yang diperlukan untuk budidaya ulat hongkong adalah:

Kotak dari bahan tripleks berukuran 40 x 40 x 20 cm.
Agar lebih praktis dapat juga digunakan baskom atau ember plastik yang berukuran sedang sebagai wadah pemeliharaan. Sebaiknya pada bibir wadah diberi isolasi untuk mencegah ulat hongkong atau kumbang keluar dari media pertumbuhan.

Pada bagian dasar wadah ditebarkan campuran ampas tahu dan dedak yang berfungsi sebagai media pertumbuhan. Jika sulit menemukan bahan – bahan tersebut, media pertumbuhan dapat diganti dengan menggunakan pakan ayam ras. Tebal media pertumbuhan kira – kira 3 cm. Sebaiknya semua bahan disaring atau diayak terlebih dahulu. Gunakan yang halus saja untuk media pertumbuhan.

Masukkan 100 gram ulat hongkong. Benih ulat hongkong dapat di beli dari pedagang ikan hias. Jika kondisi lingkungan cukup menunjang, ulat hongkong akan terus tumbuh dan berkembang biak.

Selama pertumbuhan, ulat hongkong akan menghasilkan kotoran. Media pertumbuhan akan menjadi kotor, sehingga perlu diganti yang baru. Penggantian media tersebut dapat dilakukan dengan mengayak seluruh media pertumbuhan. Pindahkan telur, ulat hongkong (larva)  dan kumbang ke media pertumbuhan yang baru.

Siklus hidup ulat hongkong hanya 14 hari. Pemanenan tidak berbeda jauh dengan dengan cara penggantian media pertumbuhan. Ulat hingkong yang tertinggal di dalam ayakan dapat di anbil dan diberikan kepada anak – anak maskoki.

PEMANENAN DAPAT DILAKUKAN SETIAP 14 HARI.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s