Persiapan lnduk Ikan Cupang


        Untuk memijahkanikan cupang, induk ikan cupang jantan sehat tidaklah cukup, kita harus mengetahui cara bertempurnya diarena. Keandalan tersebut meliputi gaya bertarung dan kekuatan. Betta smaragdina biasanya dijadikan induk karena tahan pukulan dan mampu bertarung sampai mati. Biasanya ikan cupang jantan Betta smaragdina di kawinkan dengan ikan cupang betina spesies Betta imbellis varietas lokal, keturunannya sering menjadi juara di arena pertarungan.
 Pernah ada ikan cupang adu singapura (betta imbellis var. domestica) yang merupakan hasil penangkar lokal selalu menjadi pemenanag di beberapa arena. Pukulan andalannya adalah nombak sentak dengan arah pukulan pangkal ekor. Sementara gaya bertarungnya fighter murni. Setelah tidak dipertarungkan lagi, ikan cupang tersebut akhirnya di jadikan induk.
Sangat jarang  ikan cupang yang berumur lebih dari 9 bulan diturunkan ke arena pertarungan. Bukan karena ikan cupang tersebut sudah kehabisan tenaga, tetapi karena ikan cupang adu tersebut tubuhnya sudah terlalu besar sehingga sulit untuk mencari lawan tanding. Biasanya ikan cupang adu yang telah di pensiunkan dan dijadikan induk.
Untuk dijadikan induk, jantan ikan cupang adu harus dicarikan pasangan kawinnya. Kriteria ikan cupang adu betina untuk induk harus matang kelamin atau umurnya sudah diatas lima bulan. Selain itu usahakan induk ikan cupang betina dipilih dari lubuk yang telah menghasilkan jagoan. Semua kriteria ini bertujuan untuk menghasilkan cupang adu yang berkualitas. Penentuan jenis kelamin cupang adu sangat mudah. Tubuhikan cupang jantan berwarna cerah dan langsing, sedangkan ikan cupang betina berwarna agak pudar dan bertubuh gendut. Sirip ekor ikan cupang jantan relatif lebih besar dibanding cupang adu betinanya.
Sebelum dikawinkan, ikan cupang jantan dan ikan cupang betina harus dipelihara ditempat terpisah. Setelah keduanya siap memijah, barulah keduanya dimasukkan kedalam tempat pemijahan. Ciri induk ikan cupangjantan siap dipijahkan yaitu penutup insang tampak warna merah atau hijau menyala dan ikan sudah membuat gelembung gelembung udara.
Ciri induk betina yang siap kawin ditandai dengan perutnya yang tampak besar, warna tubuhnya pucat, dan tingkah lakunya jinak.
Cupang adu termasuk jenis ikan yang pilih – pilih pasangan. Belum tentu cupang adu jantan dan cupang adu betina yang dijodohkan benar – benar mau kawin. Kalau setelah empat hari dijodohkan tetapi belum ada perkawinan, maka keduanya tidak berjodoh. Untuk itu perlu dicarikan induk ikan cupang betina yang baru untuk menggantikan ikan cupang betina yang tidak mau kawin.

15 Komentar on “Persiapan lnduk Ikan Cupang”

  1. agustantio mengatakan:

    saya punya cupang jantan dan betina. sy mau tnya perbedaan cupang hias dan cupang adu itu bagaimana sih soalnya sy punya cupang jenis plakat ap itu jenis cupang hias
    dan ap bsa berjodoh kalau indukan cewekny beda warna( merah )

    • dhians mengatakan:

      cupang hias (cupang kontes)dan cupang adu sama2 bisa diadu.
      bedanya yang satu emang spesial tuk aduan, yang satunya spesial untuk hiasan (kontes)
      orang bisa ketawa kalo liat kita ngadu cupang hias
      plakat termasuk jenis cupang hias.
      pada proses pemijahan bisa aja kita memijahkan cupang yang beda warna, karena memungkinkan mendapatkan hasil yang beragam (warnanya).
      bukan hanya itu, jenis cupang adu dapat juga disilang (dikawinkan) dengan cupang hias tapi dasilnya tidak akan memuaskan.

    • dhians mengatakan:

      cupang hias adalah cupang adu yang warna serta sirip siripnya kelihatan indah. cupanga adu memang spesial untuk aduan. sedang cupang hias sangat jarang untuk diadu, seperti halfmoon, serit, plakat, giant dsb.

    • dhians mengatakan:

      cupang hias adalah cupang adu yang warna serta sirip siripnya kelihatan indah. cupanga adu memang spesial untuk aduan. sedang cupang hias sangat jarang untuk diadu, seperti halfmoon, serit, plakat, giant dsb.

  2. Lucky mengatakan:

    GAN CIRI CIRI IKAN BETINA 5 BULAN GIMANA?

    • dhians mengatakan:

      biasanya induk betina yang siap dipijahkan berumur paling dikit 5-7 bulan. bahkan ada penangkar yang menggunakan induk betina yang telah berumur 1 tahun atau lebih. yang paling penting: – induk betinanya sehat dan kandungan telurnya banyak (ini dapat dilihat dari bentuk perutnya yang gendut)

    • dhians mengatakan:

      harus 5 bln?
      gak usah dipikiri umurnya, intinya kalu perutnya da besar dan ukurannya jg, betina sudah bisa dikawinkan
      habis perkara

  3. sandi mengatakan:

    cupang aduan saya ada titik putih smua tapi mlawn smua saya tdk bisa bedain jantan/betina. klau jantan gx ad titik pth y

    • dhians mengatakan:

      biasanya induk betina tubuhnya lebih bulat dibandingkan tubuh induk jantan. tapi adakalanya tubuh ikan cupang jantan menyerupai tubuh ikan cupang betina. untuk orang2 yang masih awam (baru) hal itu pasti sangat sulit membedakannya.
      adapun cara termudah untuk mengetahui mana ikan cupang jantan dan mana ikan cupang betina adalah:
      ” IKAN CUPANG JANTAN BIASANYA AKAN MEMBUAT BUIH, SEDANGKAN IKAN BETINA TIDAK”

  4. Tiyan mengatakan:

    Bukan dikawinin, malah cupang indukannya ditarungin. Kenapa ya?
    Apa perlu proses pengenalan dulu?

    • dhians mengatakan:

      pengenalan itu harus,,,, memang itu proses perkawinan ikan cupang, induk jantan mula2 mengusir da memukul pasangannya.
      lagian salah kamu sendiri, mau enak kok di intip hehehehehe

  5. riki mengatakan:

    cara memijah d baskom bagaimana?

    • dhians mengatakan:

      bisa, cuma hasilnya pasti tidak akan memuaskan. selain kecil tempatnya,, suhu air dibaskom dapat cepat berubah yang dapat mengakibatkan anak2 ikan mati

  6. koko mengatakan:

    cupang betina djual dmana ya kok gag lihat??

    • dhians mengatakan:

      ditempat jual ikan adu biasanya ada
      untuk ikan petarung para penangkar jarang menjualnya,, kalaupun jual biasnya harganya lebih mahal dari harga ikan jantan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s