Beli Ikan Cupang dari Pasar Ikan Hias


Hal yang perlu diperhatikan saat membeli ikan cupang

Jangan menanyakan nomor seri ikan cupang yang sedang terkenal, karena harganya akan tinggi dan kemungkinan ikan cupang akan dipalsukan.

Setiap stoples cupang adu biasanya ditempeli nomor seri. Jika bentuk tubuh dan sirip ikan cupang ada yang tidak sesuai dengan nomor seri, kejujuran penjual patut dicurigai.

Jika guratan tidak lurus pada tulang sirip ekor dan warnanya berbeda, kemungkinan cupang adu tersebut “seken”.

Perhatikan sisik sekitar pangkal ekor. Kalau tidak rapat, diperkirakan sisik tersebut masih baru. Diperkirakan ikan cupang tersebut berumur enam bulan atau kemungkinan cupang adu tersebut sudah pernah di adu.

Perhatikan kepalanya. Bila dikepala ada guratan sisik, diperkirakan cupang adu telah berumur delapan bulan.

Pilih cupang adu yang bergigi tajam. Ini ditandai bila pada bibir bagian bawah sebelah dalam terlihat bintik kecil berwarna hitam.

Pilih cupang adu  yang bersisisk kuat. Sisik yang kuat apabila sisik di seluruh tubuhnya rata dan berwarna cemerlang.

Jika cupang adu berdasi merah, sirip bawahnya terdapat guratan hitam vertikal, cupang tersebut dari spesies Betta imbellis var. domestica.
Jika cupang adu berdasi merah, sirip bawahnya tidak terdapat guratan, cupang tersebut dari spesies Betta splendens (cupang bangkok)

Jika cupang adu berdasi hitam, tubuhnya hijau tua, serta bagian ekor dan sirip punggung sedikit bertotol – totol hitam, cupangadu tersebut dari spesies Betta smaragdina var. domestica.

Jika cupang adu berdasi hitam, tubuhnya biru tua, cupang adu  tersebut diperkirakan dari spesies Betta smaragdina var. malayan atau Betta smaragdina var. domestica.

Biasanya pedagang profesional membedakan cupang adu dengan cupang hias melalui air yang dipakai. Air untuk cupang adu biasanya berwarna kecoklatan karena daun ketapang yang digunakan.

Lakukan pembelian hanya pada satu atau dua pedagang saja. Biasanya pedagang mempunyai cupang adu istimewa yang hanya dijual kepada pelanggan saja. Cupang adu tersebut tidak di pajang di etalase, tetapi di simpan di rumah atau ruangan khusus.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s