Air untuk maskoki


Air merupakan media utama untuk memelihara ikan, dimana air berfungsi untuk mendistribusikan makanan serta oksigen. Bahkan dengan tekhnik tertentu, air dapat digunakan untuk membersihkan kolam dari kotoran hasil metabolisme serta sisa- sisa makanan. Tidak semua air yang tampak bersih dapat dipergunakan untuk memelihara maskoki, cupang adu atau ikan lainnya. Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar budidaya ikan dapat berlangsung dengan baik.

Derajat keasaman
Air dengan derajat keasaman (pH) 6,5 – 8,5 sangat cocok untuk membudidayakan maskoki. Air yang bersifat asam atau basa dapat membahayakan kelangsungan hidup maskoki.

Kadar garam
Kandungan garam yang rendah tidak membahayakan kesehatan maskoki asalkan tidak melebihi 1%.

Penambahan zat kimia
Untuk mencegah halyang tidakdiinginkan, air yang berasldari PAM hendaknya tidak langsung digunakan. Air tersebut hendaknya diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam, atau dibiarkan terbuka dibawah sinar matahari selama 3 – 4 hari..  Asam hidrokhlorin atau khlorin yang terkandung di dalamair PAM berbahaya bagi kehidupan anak maskoki dan maskoki dewasa.

Oksigen
Pengadaan oksigen dapat diupayakan dengan menambah tanaman air atau mempergunakan aerator (air pump) sehingga kadar oksigen yang terlarut di dalam air dapat di tingkatkan. Perlu diketahui, tanaman air hendaknya tidak melebihi 1/3 luas permukaan kolam. Karena pada malam hari tanaman air juga menggunakan oksigen.

Pencemaran air
Pencemaran air biasanya terjadi oleh hasil eksresi (proses pengeluaran zat yang tidak digunakan oleh tubuh) dan sisa makanan maskoki. Hal ini dapat menyebabkan berkembangnya saprofit (organisme pengurai) yang menghasilkan gas – gas beracun yang dapat membahayakan kesehatan maskoki. Karena itu, perlu segera mengganti air kolam untuk mencegah keracunan pada maskoki dan organisme lainnya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s