Proses Pemijahan Ikan Cupang


Umumnya ikan cupang termasuk kelompok ikan yang membuat gelembung udara pada saat ingin kawin. Untuk itu diperlukan tanaman air agar ikan cupang dapat menempelkan gelembung udaranya. Tanaman ini dapat berupa tanaman air yang berdaun lebar seperti eceng gondok (Eihornia crassipes) dan kiambang (Pistia stratiotes).  Setelah itu ikan cupang dapat dimasukkan ke dalam bak pemijahan. Bila memang sudah siap kawin, cupang adujantan agar segera menempelkan gelembung udara ke daun. Ikan cupang betina dapat dimasukkan apabila gelembung udara sudah cukup banyak. Ikan cupang jantan yang sedang mencari pasangan akan segera menghampiri betina. Lalu ikan cupang betina akan diajak untuk mendekati gelembung udara, dipeluk sehingga keduanya menempel dan tak bergerak. Beberapa saat kemudian, telur keluar dari tubuh ikan cupang betina dan segera dibuahi oleh induk jantan. Telur – telur tersebut ditangkap oleh mulut cupang adu jantan, lalu ditempelkan di gelembung udara.Penempelan dilakukan dengan cara menyemburkan telur tersebut dari mulutnya.
Setelah telur disemburkan, induk jantan akan mendekati kembali induk betina untuk kawin lagi. Proses ini dilakukan berkali – kali sekitar 3 – 4 jam. Perkawinan akan selesai jika induk betina sudah tidak mengeluarkan telur – telur atau induk jantan sudah mengusir betinanya. Inilah waktu yang oaling tepat untuk mengangkat induk ikan cupang betina. Bila tidak segera di angkat, induk jantan akan terus menyerang dan melukai induk betina.
Induk ikan cupang betina yang baru dikawinkan di istirahatkan di tempat atau bak terpisah. Induk ikan cupang betina siap dikawinkan kembali setelah beristirahat selama 2 – 3 minggu. Pada saat induk ikan cupangbetina beristirahat, induk cupang adu jantan akan menjaga telur – telur hingga menetas.  Umumnya telur akan menetas stelah 3 hari.

Saat baru menetas, larva cupang adu membawa kuning telur sebagai cadangan makanan sebelum sanggup memakan pakan yang diberikan. SEbaiknya sat ini tidak memberikan pakan untuk larva cupang, karena makan tersebut akan membusuk dan dapat mempengaruhi kesehatan cupang. Pada awal kehidupannya, larva cupang sering jatuh kedasar kolam karena belum pandai berenang. Larva tersebut akan oleh induk jantan, kemudian disemburkan ke gelembung udara. Induk jantan dapat dipindahkan jika gelembung udara telah habis. Pada 3 – 4 pertama, larva cupang diberi pakan infusoria, lalu kutu air.
Populasi larva dibuat padat agar ukuran tubuhnya saat dewasa tetap kontet atau kerdil meskipun umurnya sudah tua. Dengan demikian, penampilannya tetap tampak muda, padahal sisik dan giginya sudah sekuat cupang tua. Ini adalah trik yang sengaja dilakukan agar cupang tua (umur 8 bulan) dapat diadu dengan cupang umur 6 -7 bulan.

138 Komentar on “Proses Pemijahan Ikan Cupang”

  1. hadi mengatakan:

    jadi bila ikan cupang jantan telah mengejar2 sang betina dan kadang menggitnya berarti proses perkawinan sudah selesai ya.?

    • dhians mengatakan:

      sebelum berlangsungnya perkawinan, ikan cupang jantan mengejar ngejar sang betina. begitu juga setelah selesai perkawinan cupang jantan juga mengejar betinanya. yang perlu diperhatikan apakah cupang betinanya sudah bertelur. hal tsb dapat dilihat jika di buih (gelembung udara) yang dibuat sang jantan terdapat telur.

    • dhians mengatakan:

      biasanya 1-3hari. kalau pasangan ikan tersebut gak mau kawin, harus dicari pengganti pasangannya

  2. ramdan mengatakan:

    apa dalam waktu 3-4 minggu si betina udah siap lagi bertelur paska kawin

    • dhians mengatakan:

      yang saya lakukan bisa, pisahkan ikan betina yang telah selesai kawin. jangan lupa beri makan agar kandungan telur di perutnya bertambah lagi.
      yang harus diperhatikan:
      – jaga kesehatan cupang betina agar dapat di kawinkan lagi
      – coba kawinkan induk betina dengan pejantan yang lain atau kawinkan induk jantan dengan betina yang lain.
      Hal ini berguna untuk mengetahui anakan mana yang lebih bagus, perkawinan dengan jantan yang pertama atau jantan yang kedua atau sebaliknya.

      • luthfi mengatakan:

        suda satu malam saya kawinkan ga berbusah air nya

      • dhians mengatakan:

        pada saat pemijahan ada ditemui cupang jantan yang tidak membuat busa, tapi setelah betina bertelur, cupang jantan membuat busa agar telur2 tidak jatuh. kemungkinan juga ikan jantan belum mau kawin,, jika dalam 3 hari belum terjadi perkawinan maka pemijahan ini tidak berhasil. sebaiknya ganti induk jantannya (karena mereka tidak jodoh)

  3. Huda mengatakan:

    Gan ane mau nanya nih ya :)
    saya kan sekarang lagi mengembakbiakkan nih ..
    saya itu Bingung , kan di intruksi , ada tulisannya kalo mau mengembangbiakkan ikan cupang suruh ngasih daun kan ya ?
    tapi saya bingung entar gmna cara mngetahui kalo ikan betina itu selesai bertelur apa belumnya ?
    sedangkan telurnya tertutup sama daunnya ???

    tolong kasih pnjelasannya ya gan :) Thank’s sebelumya ….

    • dhians mengatakan:

      Tanaman air berupa kiambang atau eceng gondok itu nantinya digunakan induk jantan untuk meletakkan buih (gelembung udara).
      setelah terjadi perkawinan/pembuahan, telur telur yang keluar dari induk betina akan diambil induk jantan dengan mulutnya dan disemburkan/diletakkan pada buih (gelembung udara) yang melekat pada tanaman kiambang (eceng gondok). untuk melihat telurnya tanaman air boleh digeser sedikit. tak apa…. karena apabila telur2 ikan terpisah dari tanaman air, induk jantan akan segera mengutipnya dan meletakkan telur tersebut di gelembung air yang ada pada tanaman air.
      untuk pemula memang sedikit membingungkan…
      tapi perhatikan baik2, pasti ada perbedaan antara buih dengan telur ikan.
      Biasanya ciri ikan betina yang sudah bertelur tidak akan berani mendekat lagi kearah induk jantan. karena induk jantan menjaga telur2 itu agar tidak diganggu induk betina.
      Saran saya
      ” Sharing…. lebih baik kunjungi breeder (penangkar) cupang di daerah kamu. Dengan langsung melihat bagaimana cara memijahkan pasti gak bingung lagi yg PASTI akan menambah ilmu kamu.
      MOGA BERHASIL…. DHIANS 0852 7706 1150

  4. naldi mengatakan:

    Gan apakah indix betina juga bisa membuat gelembung buih nh?

  5. Oswald Bryan mengatakan:

    Saya denger info. Info 1) Cupang sawah itu ganas. Dan saya mau ngawinin sama Serit Merah.
    Apa Cpg Sawah terdengar sgt ganas. Kalo sgt ganas bisa gak dikawinin sama Cpg biasa. Saya ngeri kalo CPG Sawah itu ganas. apa kalo dikawinin, betina bisa abis di hantam CpgSawah ? Atau tetep hidup tapi SiripCacat, kalo SiripCacat gpp lah. Yg penting anakannya bagus

    • dhians mengatakan:

      perlu diketahui
      – cupang sawah termasuk cupang untuk aduan (pastinya ganas).
      – cupang serit/halfmon termasuk cupang untuk kontes.
      – cupang giant juga termasuk cupang untuk kontes.
      cupang sawah disilang dengan cupang serit????
      apa jadinya..????
      jangan…….

    • dhians mengatakan:

      cupang sawah adalah cupang aduan, sedang cupang serit termasuk cupang hias. gak nyambung mas…………
      kalau mau disilang lebih baik dengan betina ikan cupang aduan. pilih indukan yang berwarna hijau, sehingga hasilnya masih mirip cupang sawah, tapi pukulannya seperti ikan cupang aduan. bisa dibayangkan..????

  6. rifqy mengatakan:

    gan kalau cupang jantannya nyerang terus cupang betina saat kawin harusnya di apain

    • dhians mengatakan:

      awalnya memang begitu, tapi biasanya esok hari ikan resebur kawin dan bertelur. kalau esoknya belum bertelur, berarti harus dicari pasangan yang baru

    • dhians mengatakan:

      bersabar dan berdoa agar cupangnya cepat kawin

      • nuswantoro mengatakan:

        Gan cupang aku tu udah ada telur di busa,,tapi di cupang btinanya masi ada titik ptih,,sedangkan si betina sudah dikejar2 sm si jantan..jdi baiknya gmna gan??

      • dhians mengatakan:

        segera pisah jika betina sudah dikejar2, apalagi dibusa udah ada telurnya. bisa mati ikan betinanya nanti, pada umumnya ikan betina pasti ada titik putih diperutnya. rawat kembali ikan betinanya, yang paling penting sebulan kemudian ikan betina sudah bisa dikawinkan kembali. moga berhasil

  7. Sarah Amelia Sarah mengatakan:

    Gan , Kalo Cupang Saya Pada Saat Mau Di Kawinkan Belum Ada Gelembung Nya !! Nah Maka Dari Itu Saya Langsung Kawinkan , Berapa Jam Kemudian Pas Saya Tengok Udah Banyak Banged Gelembung Nya ? Yang Jadi Pertanyaan Saya , Cupang Betina Di Kejar Kejar Mulu Ama Si Jantan Sampe Di Sontok Gan Ama Jantan Nya ,? Nah Itu Gimana Tuh ?? Owh Iyha , Kalo Cupang Bagan Ama Serit Di Jodohin Bisa Ngga Gan ?

    • dhians mengatakan:

      emang bgitu prosesnya, ntar juga pasti kawin, hehehe. lo dalam waktu 2 hari gak mau kawin sebaiknya induk betina segera diganti.
      cupang bagan bisa aja dijodohi dengan cupang serit ato dengan cupang jenis lainnya. tapi lebih baik jodohi cupang sesama jenis,
      misal cupang serit ya jodohnya cupang serit, cupang bagan ama cupang bagan ato ama cupang medan. karena perkawinan yang sejenis dapat menghasilkan anakan yang lebih bagus.

  8. ervan apriawan mengatakan:

    gan mengapa telur cupang yang ada dibusa bisa jatuh ya??? padahal banyak itu telurnya, sayang bgt mati semua telurnya

    • dhians mengatakan:

      ini menandakan bahwa cupang jantan tidak pandai menjaga telur ataupun anak2nya.
      saran saya cupang jantan anda pensiun menjadi indukan,segera cari pengganti induk cupang jantannya.

    • dhians mengatakan:

      biasanya telur yang jatuh akan diambil induk jantan, dengan cara menangkap atau memungut dengan mulutnya.
      jika hal ini tidak dilakukan, berati induk jantan tidak bisa digunakan untuk perkawinan selanjutnya.
      trus berusaha, dengan demikian anda nanti akan tahu induk mana yang bagus

  9. eex mengatakan:

    gan mau nanya nih,ikan cupang saya udah kawin,tapi perut ikan cupang betinanya masih buncit, apakah perkawinannya belum selesai?

    • dhians mengatakan:

      ikan sudah selesai kawin bukan dilihat dari perutnya yang masih buncit.
      Yang perlu diperhatikan:
      1. apakah memang ikan betina sudah bertelur?
      kalu betina sudah selesai bertelur, maka ikan jantan akan segera mengusir ikan betina.
      2. jika setelah bertelur ikan betina tidak diangkat,biasanya dalam waktu 3-4 hari kemudian ikan jantan dan ikan bertina biasanya akan kawin lagi.
      tetapi halini membuat sang jantan terlalu sibuk mengurusi anak2nya. lagian dari pengalaman saya hasilnya malah semakin sedikit,
      usahakan setelah terjadi perkawinan yangpertama (no 1) segera angkat ikan betina, rawat…. 2 minggu kemudian bisadikawinkan lagi.
      yang paling penting seringmencobadan cari informasi

    • dhians mengatakan:

      kalau da bertelur gak masalah, tanda perkawinan selesaiditandai dengan induk jantan yang mengusir dan menghantam induk betna. bulan depan uda bisa kawin lagi

  10. Egiyunanda mengatakan:

    bang pas memisahkan induk betinanya gelembungnya banyak yang hilang,,, Apa itu gak kenapa-napa bang????

  11. melia mengatakan:

    Klu udh slsai kwin , induk jantan nya boleh di kasi makan gak…?

  12. faisal mengatakan:

    bang klo tlur ikan nya di dasar air, tdk ad gelembung atau di permukaanya di dasar nya aj,itu bisa menetas kh?.
    mohon di balas

  13. junior mengatakan:

    gan klo plkat kwin ama bule hasil nya ape yeh kire kire

  14. junior mengatakan:

    kalo,jantan nyerang ikn betina apakah tidak apa2 ,dan cupang betina luka2 abis perkelahian antara induk tersebut.dan tidak mau bertelur sama jantan nya yang tadi

    • dhians mengatakan:

      gak apa2, jika setelah 2 hari ikan betina belum bertelur sebaiknya segaera dipisah, karena dapat mengakibatkan ikan betina mati. segera ganti induk betina yang lain,, karena mereka gak jodoh

      • aco mengatakan:

        Busanya ikanku habis baru telurnya jatuh2 trus sijantan tdk bikin bisa lagi kadang2 sijantan makan telurnya

      • dhians mengatakan:

        ada sebagian ikan yg menjaga telur tidak membuat busa lagi.
        jantan akan memungut telur2 yang jatuh kemudian meletakkan telur tersebut ke gelembung yang ada.
        ada juga jantan yang memakan (memang memakan) telur2nya.
        tunggu aja, jika nanti hasilnya (anaknya) tidak banyak berarti ikan jantan memeang memakan telurnya.
        untuk kedepannya, jantan tersebut tidak bisa dipergunakan lagi. boleh dijual atau sebagainya. terserah…..

  15. RAFIF mengatakan:

    gan klo jantannya udah pernah di adu trus dikawinin ikan sejenis bisa nggak?. hasilnya gimana?. saya tunggu jawabannya.

    • dhians mengatakan:

      bisa… para peternak ikan cupang biasanya memijahkan ikan yang pernah diadu. biasanya induk jantan dipilih karena cara berperang bagus, giginya tajam, sisiknya keras dan lubukannya selalu menang diarena.

  16. Kawat Jemuran mengatakan:

    gan. kmren barusan indukan jantan ane pas lg jagain anaknya yg bru netas 1 hari, dy nya gk mau makn sampe hari k 3 dy meninggal di tempat n anaknya pun terlantar.
    untuk k dpn ny, gmn nih gan biar induk jantannya ttap mau makan sambil dy jagain anaknya?
    ap hrus dipisahin dlu si jantannya biar mau makan?
    kpn jantan yg lg jagain anaknya bisa diberi mkn gan?

    • dhians mengatakan:

      saat jantan menjaga telur boleh diberi makan, kematian ikan jantan kamu kemungkinan besar karena terserang penyakit (biasanya bagian insangnya membengkak) atau mungkin karena serangan binatang pemangsa. banyak hal yang perlu diperhatikan untuk pemijahan, selain ikan yang sudah dewasa, sehat, keadaan kolam pemijahan serta kadar airnya juga pelindung kolam agar ikan tidak oleh hewan pemangsa seperti ayam, itik dsb harus diperioritaskan
      yang terpenting jangan mudah putus asa, anda harus terus dan terus mencoba, karna ilmu pemijahan ikan harus dipraktikkan.
      semoga berhasil.

  17. dika mengatakan:

    saya mengalami keanehan ikancupang saya sudah saya kawinkan tapi setelah 3 hari ikan belum bertelur terus betinanya saya pisah terus besoknya di tempat ikan betina ada banyak telur trus telurnya saya masukin ke tempat jantannya itu gimana?.

    • dhians mengatakan:

      saya juga pernah mengalami seperti itu.. segera cari pengganti pasangan untuk ikan jantan dan ikan betina, karena mereka tidak cocok (jodoh)

  18. Gilang putra mengatakan:

    bang makasih artikelnya,sekarang burayak cupang sy dah umur 2 minggu,tpi sy mw nanya dlu bng,dlunya sy sbenernya sy dah sering ternak cupang tpi kok umur 3 bulan gk sampe ukuran maksimal,padahal wadah ny dh gde

    • dhians mengatakan:

      perkembangan ikan tidak semuanya sama,,, dalam satu kolam biasanya pada setiap sudut ada penguasanya dan biasanya ikan yang jadi penguasa lebih besar dibanding dengan ikan lain dikolam tersebut.
      ikan rata-rata berukuran maksimal setelah 4 bulan keatas
      ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuha ikan:
      – mungkin indukannya dari keturunan yang lambat pertumbuhannya (memang kecil)
      – pemberian pakan kurang, (usahakan pemberian pakan yang cukup pada pagi dan sore)
      NB:
      – jika yang kamu pijahka itu memang ikan petarung kenapa ragu??? malah semakin bagus, ikan sudah cukup umur teapi kelihatan seperti ikan 5 bulan.
      INTINYA KAMU TAK BOLEH PUTUS ASA… DENGAN DEMIKIAN KAMU AKAN SEMAKIN MEMAHAMU CARA BETERNAK IKAN CUPANG.
      SEMOGA SUKSES

  19. Calvin mengatakan:

    Bung Admin mau tanya?

    (1)Kenapa Indukan cupang jantan saya memakan anakannya(burayak) padahal usia burayak sudah 11 hari sebelumnya tidak ada indikasi indukan mau memakannya, kalo memakannya pasti di muntahkan kembali dan menaruhnya di atas permukaan air. Apa penyebabNya bisa seperti itu?
    (2)apakah kecenderungan indukan jantan yang pernah memakan anakan(burayak). jikalau di pijahkan kembali yang ke 2 kalinya, akan memakan anakannya lagi?

    • dhians mengatakan:

      ada induk jantan yang tidak pandai mengurus anaknya. sedangkan yang anda alami induk jantan memekan anaknya. sebaiknya indukan jantan segera diganti, karena kemungkinan besar saat perkawinan yang berikutnya induk jantan akan memakan anaknya kembali.

  20. Thomas Zhuang mengatakan:

    bang, stelah bertelur saya pindahkan ke satu wadah telurnya trus saya taruh yg jantan disana…knapa telurnya semua dimakan am yg jantan bang?

    • dhians mengatakan:

      gimana ya….? yang pernah saya lakukan adalah
      Saya memijahkan 2 pasang indukan ( tentunya dalam 2 tempat yang berbeda). Setelah kedua induk betinanya bertelur, saya memindahkan salah satu telurnya ketempat jantan yang lain. Intinya 1 induk jantan menjaga 2 telur, Lebih praktis kan??? Tanpa harus mengambil resiko seperti yang anda alami

      • Adam adnan mengatakan:

        bang saya mau tanya nih ciri ciri telur ikan cupang itu sperti apa bang ?
        tolong diblas yaaa bng!!!

      • dhians mengatakan:

        yang namanya telur berwarna putih yang dihasilkan cupang betina dari hasil perkawinan, biasanya telur diletakkan cupang jantan pada buih yang dibuatnya. telihat jelas perbedaan antara buih ikan dengan telur. untuk memastikannya cuba pegang… buih akan pecah, sedangkan telur tidak

  21. gan aye mau nanye ni kenapa telur ikan cupang saya lama kelamaan telur nya menguning? Mohon penjelasannya

  22. iwan mengatakan:

    Gan,paling lama brapa hari netas telur ikan cupang nya??

  23. iwan mengatakan:

    Gan,mau gak telur ikan nya gak jadi semua??

  24. iwan mengatakan:

    Gan,induk jantan saya mati pas jaga telur,
    Bisa gak di ganti sama jantan lain??

  25. iwan mengatakan:

    Emank bisa telur di pindah kn sm telur yg lain??

  26. kevin mengatakan:

    gan, berapa lama ikan jantannya mau menghasilkan buihnya ?

  27. Dimas rahardi mengatakan:

    gan saya mau tanya saat induk jantan memelihara telur nya,apa perlu kita beri pakan buat si jantan nya?

      • habsy1234567 mengatakan:

        bang kalau ada putih di bawah perut nya apa tanda nya tu bang

      • dhians mengatakan:

        biasanya itu menandakan bahwa itu ikan betina, ada juga ikan jantan yang mempunyai tanda seperti itu, tapi sangat jarang ditemui. perbedaan yang mencolok antara ikan jantan dan betina dapat dilihat dari warnanya. biasanya ikan jantan warnanya lebih cerah dibandingkan dengan ikan betina.
        bukan hanya pada ikan, pada hewan lainnya biasanya yang kelihatan lebih cantik pasti yang jantan.
        kalau pada manusia yang cantik pasti wanita ya kaaaaaaaaaan….

      • dhians mengatakan:

        biasanya kalu betina sudah berani mendekat dan terus berada dibawah gelembung itu tanda2 ikan akan melakukan perkawinan.
        harap bersabar…………..

      • dhians mengatakan:

        paling lambat 3 hari

      • dhians mengatakan:

        2,4,6minggu mau yang mana terserah

  28. Armya mengatakan:

    Gan mau tanya. Cupang udh di satukan 3hari.
    Terus saya angkat yg betina pas malam hari. Di kira saya gak ada telurnya.
    Pas pagi saya lihat ada telur’y tapi cuma sedikit.
    Sekarang udh 3hari dari pengangkatan cupang betina.
    Telur cupang juga udh menetas.
    Yg betina perutnya udh membesar lagi lebih besar dari pertama di kawinkan.
    Apa bisa yg betina langsung di kawinkan dengan jantan yg lain?

  29. Bintang mengatakan:

    saya sudah menaruh induk jantan dan betina. si betina sudah kawin dan bertelur dan pejantannya menaruh telurnya di gelembungnya. tetapi saya sudah mengambil betinanya dulu apakah tidak apa apa. sehingga perkawinanya belum selesai

  30. fitriyani mengatakan:

    terimakasih informasinya sangat bermanfaat.. saya sebelum membaca ini sudah 2 kali gagal. jantannya ga mau ngeluarin buih, tapi saya masukkan juga , karna saya sering buka tutup penutup wadah pemijahannya , kemungkinan indukan nya malu jadi ga mau mijah. 3 hari sampai 4 hari akhirnya betina nya mati

  31. Raffy mengatakan:

    Bang cupamg saya cewenya malah kabur mulu bang tolong di beri penjelasannya

  32. Jason Purnama mengatakan:

    pakah mungkin jika cupang jantan, memakan telur”nya sebelum menetas?
    makasih

  33. Andhika mengatakan:

    Gan Butuh Brp lama perkawinan Ikan Cupang Terjadi

  34. filip mengatakan:

    bagaimana cara mendapatkan anakan cupang jantan lebih banyak dari betina

    • dhians mengatakan:

      ini pertanyaan yang sering mengganggu otak saya. tetapi dengan seringnya pemijahan kita akan tahu pasangan induk mana yang menghasilkan anakan cupang jantan yang lebih banyak. kalaupun anakan cupang jantannya lebih sedikit yang terpenting hasilnya super, daripada banyak tapi gak berkualitas

  35. iqbal saputra mengatakan:

    Mau tanya gan, telur ikan saya udah netas dan saya sudah memisahkan induka betina, makanan indukan jantanpun rutin saya kasih.. tapi kok saya sering lihat anakan di makan sama indukan jantan ya ?

    • dhians mengatakan:

      sepintas kita lihat memakan anak anaknya, tapi sebenarnya indukjantan mengumpulkan anaknya didalam mulut kemudian kemudian menyemburkan anaknya kegelembung udara. induk jantan bertugas menjaga anak anaknya. induk jantan akan terus berkeliling mencari anaknya yang jatuh (karena belum pandai berenang) ataupun yang terpencar dari kelompoknya.
      memang ada juga induk jantan yang memakan anaknya. jika hal ini terjadi maka induk jantan tidak bisa dijadikan indukan. lebih baik cari induk jantan yang lain.

  36. dhians mengatakan:

    bisa saja, tapi sebaiknya ikan jantan yang terlebih dahulu dimasukkan kedalam tempat pemijahan. setelah sang jantan membuat gelembung, induk betina bisa dimasukkan(disatukan). fungsi gelembung untuk tempat telur

  37. dhians mengatakan:

    ikan yang baru menetas biasanya masih mempunyai persediaan makananan yang dibawanya ketika lahir, jangankan makan, untuk berenang saja masih susah. setelah berumur 4 hari anaka ikan sudah boleh diberi pakan

  38. dhians mengatakan:

    biarkan selama 2-4 minggu

  39. boy mengatakan:

    bang, indukan cupang jantan bkin glembung ny paling lama brapa hari?

  40. Muhammad rizki ramadhan mengatakan:

    Saya mau tanya , kalau indukan jantan gak mau buat buih, padahal udah satu hari apa gak jodoh

    • dhians mengatakan:

      sabar dulu…. ada perkawinan ikan yang induk jantannya tidak membuat buih. jika dalam waktu 3 hari belum terjadi perkawinan padahal induk jantan membuat buih (ataupun tidak) ini yang disebut tidak jodoh

  41. Muhammad rizki ramadhan mengatakan:

    Saya mau tanya, kalau gak pake eceng gondok di tempat pemijahan boles gak

    • dhians mengatakan:

      boleh. sebaiknya ada, kalau gak ada eceng gondok kamu bisa meletakkan kiambang ataupun daun apasaja asalkan bukan daun pintu atau daun telinga.fungsi eceng gondok untuk meletakkan buih yang nantinya tempat atau letak telur. selain itu ikan bisa santai dibawahnya

  42. Ivan mengatakan:

    Bismillah..
    Bang mau tanya,saya sudah dua kali memijahkan cupang..dua”nya bertelur..tetapi beberapa hari kemudian telurnya selalu menghilang dan tidak ada tanda” menetas..itu kenapa bang??mohon jawabannya bang :)

    • dhians mengatakan:

      ikan betina yang sudah bertelur dapat dipisahkan (diangkat) jika induk jantan sudah tidak ingin kawin lagi. hal ini ditandai dengan dikejar serta dipukulinya induk betina agar menjauh dari telur2nya. telur akan menetas 4-5 hari kemudian. jika telur yang dijaga induk jantan semakin berkurang hal ini dapat disebabkan:
      – induk jantan tidak memungut/mengambil telur2 yang jatuh.
      – induk jantan memakan telur2nya.

      kesimpulan: induk jantan tersebut tidak bisa dijadikan indukan. karena bukan pejantan yang baik dan bagus.
      terus berusaha, pasti ada saatnya kamu akan berhasil

  43. Ivan Nurfadillah mengatakan:

    bang kalo telurnya beberapa hari suka menghilang dan ngga ada tanda” menetas itu gimana?

    • dhians mengatakan:

      untuk para pemula memang lagi semangat2nya, gak sampai 1 jam sekali sudah liat kondisi ikan yang menjaga telur. itu juga saya alami waktu pertama kali memijahkan ikan. tapi intinya telur akan menetas setelah berumur4-5 hari. jadi jangan panik, terus giat berusaha moga2 kamu berhasil.

  44. leo mengatakan:

    gan tanya ne, ikan cupang nx dah brtlur, cuma makin hari makin brkurang gelembung dan tlur nx. kyk nx di makan ma yg jantan, itu telur nx bsa netas klo tanpa ada cupanp jantan yg jaga?
    bls plisg . .

    • dhians mengatakan:

      bisa aja cupang jantannya diangkat, telurnya akan tetap menetas. yg jadi permasalahannya siapa yg akan menjaga anaknya?
      jadi solusinya adalah:
      1. pindahkan telur2 tersebut pada ikan jantan lain yang sedang menjaga telur.
      2. liat aja dulu perkembangannya, jika nanti hasilnya tidak memuaskan atau malah nihil berarti untuk kemudian induk jantan tidak bisa diperpanjang menjadi indukan.

  45. dhians mengatakan:

    didiemi aja dulu, induk jantan dapat dipisah setelah anak2nya telah berumur2-4 minggu bahkan lebih

  46. dhians mengatakan:

    proses perkawinan ikan mula mula ikan jantan pasti mengejar ikan betina. mengangkat betina yang sudah 2 hari belum juga kawin adalah tindakan yang tepat, karena tidak jodoh. tetapi sebaiknya induk betina diistirahatkan beberapa hari sehingga luka akibat pukulan jantan sembuh. setelah itu baru boleh dipijahkan dengan jantan lain

  47. dhians mengatakan:

    boleh aja. sebaiknya ikan jantan dulu dimasukkan ke kolam atau tempat pemijahan. setelah membuat gelembung kemudian ikan betinanya menyusul

  48. dhians mengatakan:

    ketika berumur2-4 minggu. sebaiknya cuk (beberapa ekor saja) jgn pelet kalu kebanyakan airnya bisa keruh dan bau. ini bisa mengakibatkan anak ikan pada mati

  49. dhians mengatakan:

    ada beberapa kejadian malah ikan betina yang mengejar ikan jantan. jika hal mini terjadi maka mereka tidak jodoh, untuk melihat ikan betina sudah bertelur, seharusnya yang diangkat itu eceng gondoknya.dengan demikian tidak mengganggu proses perkawinan.
    dengan apa yang kamu lakukan maka semuanya gagal total, padahal bisa saja beberapa menit lagi ikan akan kawin. semua ini menjadi pembelajaran. terus berusah dan jangan putus asa

  50. dhians mengatakan:

    berarti betina belum bertelur

  51. richo mengatakan:

    Min mau nanya nih !, kalo cara membedakan telor yang sudah terisi dan belum gimana ya ?
    sama ini, saya kan sedang memperhatikan gelembung nya nah begitu saya senter telornya ada yang pada berjatuhan nah diambilnya itu malah sma si betinanya itu gapapa kan min..?

    • dhians mengatakan:

      telur hasil dari perkawinan antara induk jantan dan induk betina biasanya sudah berisi. saat berlangsungnya perkawinan, kedua induk memungut telur yang keluar dari perut induk betina. jangan takut, telur yang diambil tersebut akan diletakkan pada buih. saat tidak terjadi perkawinan (saat itu induk jantan akan mengusir bahkan memukul/menggigigit induk betina) segera angkat induk betinanya. karena jika induk betina tidak segera diangkat, induk betina akan memakan telur telurnya.
      selama masa perkawinan anda tidak perlu khawatir induk betina akan memakan telurnya.

  52. shadega mengatakan:

    Gan ane masukin ikan jantan 1 sama betina 2 di tong(wadah besar teebuat dari tanah) di biarin aja bisa jadi banyak engak ya

  53. misha mengatakan:

    gan, ikan ikan udah ane jadiin satu, trus didiamkan berapa hari? air gak perlu digabti ya? dan betina nya kpn ane ambil ya?

  54. ruswan mengatakan:

    Gan sy mau nanya nih..pada saat saya gabungkan keduannya yg jantan dan betina..eh malah yg betina yg ngejar ngejar sang jantan,padhal sang janta juga sudh membuat sarang busa..itu knapa yah..apa ngppa yah

    • dhians mengatakan:

      saat sang betina mulai mendekati sang jantan, itu tandanya sang betina mulai mengajak sang jantan untuk melakukan perkawinana. biarkan aja proses tu berlangsung, besok induk betina pasti sudah bertelur. setelah selasai perkawinan, segera angkat induk betinanya.

  55. Vinobrembo mengatakan:

    Ane demen liat balasan komentar2 nte bro kdg bkin ketawa wkk thx info’a bro

  56. wily adnyana mengatakan:

    gan, kalau dalam proses perkawinan induk jantan dan betina boleh di kasi makan gak? karna cupang saya kalau di kasi pelet agak rewel harus 1 per 1 ngasi makan nya, kalau sekalian 4 biji malah gak di makan2,.
    infonya dong gan

    • dhians mengatakan:

      kasih makan, jangan banyak banyak, kalau makanannya gak habis air bisa jadi keruh, lagian makananan yang gak abis juga bisa menimbulkan penyakit.sebaiknya berikan cacing sutera, gak repot, praktis malahan….

  57. Fransiskush mengatakan:

    Mas mau nanya kalo ikan nya kita liatin terus mau kawin gak ya? Terus ciri ciri indukan mau sama jantan gimana?

  58. gusti mengatakan:

    Bang . Jantan cupang ane kok telornya suka d pindah2in yaa bang itu kenapa ya bang?

  59. Coecroe Aneuk MampLam mengatakan:

    bang admin, apabila satu betina dua jantan di pijahkan di hari yg sama, sbb di salah satu wadah indukan betina saya mati, sdangkan kdua jantan udah di jodohkan sbelumnya (siap kawin) setelah pemijahan pertama berhasil & saya mau coba angkat indukan betina yg masih buncit perut ke wadah jantan yg indukan betina mati tadi untuk di pijahkan kembali kmungkinan apa bisa terjadi pembuahan tu bang admin???

    • dhians mengatakan:

      bisa saja… tapi anada harus mengistirahatkan induk betina minimal 3minggu. selain fungsinya untuk menyehatkan induk betina, juga agar telurnya bisa diproduksi lagi. setelah itu anda bisa mengawinkan induk betina tersebut

  60. adi mengatakan:

    gan…ikan cupang jantanx bikin busax dikit..apa gak pp klo sy kawinkan saja langsung?

  61. Freya mengatakan:

    Mas, kalau si cupanhnya kawin mulu, betinanya ga dikejar2, tapi kawinnya ga ngeluarin telur, itu gimana ya mas ?
    Tks

  62. risky mengatakan:

    Bg kalo ikan betina nya dikejar sama jantan nya terus tapi gak dapat” itu gimana ya bg

    • dhians mengatakan:

      itu proses perkawinan (pemijahan) jangan takut……. lihat saja, yang terpenting jika dalam waktu 2hari ikan betina belum bertelur juga berarti mereka tidak jodoh. segera angkat induk betina untuk menghindari kematian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s